08/09/15

Catatan yang Tertinggal

Catatan yang tertinggal....
Setiap akhir tahun selama saya menjabat Direktur e-Procurement LKPP sejak 2008, untuk menutup tahun sebeleumnya dan membuka tahun baru, saya menyempatkan diri menulis "Kata Sambutan". Tulisan ini bisa menjadi refleksi tapi juga menyemangati semua orang untuk menatap masa depan yang pastinya selalu ada harapan.

Seorang pemimpin, dalam banyak hal, selalu dituntut untuk memberi harapan. Dia harus membangun gambaran masa depan. Pemimpin memang harus bermimpi dan mengajak semua orang memiliki mimpi tentang masa depan. Tanpa pemimpin yang bermimpi, tidak ada rakyat yang akan bergerak ke depan.Dengan kata yang sederhana, pemimpin tidak boleh berkata yang realistis. Seperti kata orang, gantungkanlah cita-citamu setinggi langit, karena setinggi itulah sebenarnya kemampuan kita.Beriku ini adalah kata sambutan di akhir tahun 2013.

Sambutan Akhir Tahun Direktur e-Procurement (LPSE. Jakarta, 31 Desember 2012).

Kepada rekan-rekan pegiat e-procurement, baik yang mengelola LPSE maupun yang aktif berpartisipasi mempromosikan e-procurement di tanah air, juga rekan-rekan di Direktorat e-Procurement LKPP dan rekan-rekan staf dan pejabat LKPP, Selamat Tahun Baru 2013.

Tanpa terasa, perjalanan e-procurement di tanah air telah berlangsung selama 5 (lima) tahun. Dalam perjalanan kita selama itu, saya yakin banyak sekali cerita suka duka, riuh rendah, dan haru biru yang menyertai perjuangan kita semua.Setelah 5 tahun, sedikit banyak keinginan kita sudah tercapai. Kita telah berhasil mewujudkan 534 LPSE. Secara faktual kita sudah siap dan mampu melayani seluruh pengadaan barang/jasa pemerintah (119.231 paket lelang) walaupun realisasi nilai anggaran tahun 2012 yang dilelang melalui LPSE baru mencapai sekitar Rp. 145 trilyun. Kita tinggal mengupayakan meningkatnya komitment dari lingkungan kita sehingga terwujud 100% e-procurement.

Oleh karena itu, tidak berlebihan bila pada bulan November 2012 yang lalu kita bertekad Pastikan 100% e-Procurement untuk Indonesia yang Bersih dan Sejahtera.Bagi gerakan e-procurement kita, tahun 2013 ini kita memasuki babak baru karena kita sudah naik kelas.

Berkenaan dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, LPSE sebagai penyelenggara sistem elektronik pengadaan barang/jasa harus bersiap untuk memenuhi ketentuan PP tersebut. Tahun 2013 ini kita akan melakukan evaluasi terhadap sistem kita secara bersama-sama. Secara bertahap, kita akan menyempurnakannya.Mulai tahun ini pula, kita bersama perlu menyepakati tingkat layanan (service level) yang mampu kita berikan kepada pengguna sistem.

Secara bertahap pula tingkat layanan ini akan kita pastikan dan kita tingkatkan. Secara bersama-sama pula kita juga akan terus menyempurnakan proses pengadaan dengan mewujudkan aplikasi pengadaan secara elektronik yang lebih luas dan lebih lengkap.

Kita semua tentunya berharap, proses pengadaan secara elektronik akan lebih memudahkan pengelola pengadaan dengan tetap menjamin tujuan dan prinsip pengadaan. Perubahan besar dan radikal semoga dapat dimulai di tahun 2013 ini. Pengadaan secara elektronik tidak lagi terbatas pada otomasi proses manual yang sebelumnya.Akhir kata, saya berharap kita semua dapati terus menjaga kekompakan dan terus bekerjasama untuk satu visi mewujudkan 100% e-Procurement untuk Indonesia yang bersih dan sejahtera. Semoga, kita selalu mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk adanya Inpres berkaitan dengan kewajiban 100% e-procurement di tahun 2013.

Salam LPSE
Ikak G. Patriastomo
Direktur e-Procurement, LKPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar