24/01/09

Tahapan Pengadaan

Keppres 80 Tahun 2003 menggambarkan 9 tahapan dalam pengadaan. Setiap tahapan mengandung pengaturan maupun hal-hal yang harus diperhatikan oleh orang yang bertanggung jawab dalam tahapan tersebut.

Keberhasilan proses pengadaan sangat tergantung pada kecermatan setiap orang dalam mengambil keputusan di setiap tahapan pengadaan.

Hasil lelang tidak akan memenuhi kebutuhan apabila perencanaan kebutuhan atau perumusan spesifikasi oleh pengguna (user) tidak cermat.

Hasil lelang tidak akan efisien apabila penentuan paket-paket lelang pada tahap perencanaan kebutuhan tidak memperhati- kan skala paket yang paling menguntungkan.

Salam:
Ikak G. Patriastomo

7 komentar:

  1. Salam kenal mas Ikak G., saya Made suardana asal Bali yang merupakan pemain baru dalam hal aturan tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah, saya hanyalah seorang teknisi komputer yang pada intinya ingin mengembangkan dan mencari relasi pada instansi pemerintah, kebetulan saya baru memproses untuk membuat ijin usaha yang nantinya bisa digunakan untuk kegiatan yang saya lakukan. pertanyaan saya
    1. Kualifikasi bidang usaha apa yang baik untuk mengisi ijin usaha dengan keahlian yang saya miliki
    2. Apakah ijin usaha yang saya buat bisa saya gunakan di daerah/provinsi yang lain?
    3. saya sebagai pemula untuk bisa mengambil pekerjaan di instansi pemerintah, peraturan apa yang perlu saya pelajari.
    semoga saya kelak menjadi bagian dari sebuah mimpi yang bapak cita-citakan. dan akhir kata saya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
  2. Pak Made Suardana, terima kasih bersedia melihat blog saya. Maaf kalau baru sempat membalas saat ini. Karena kesehatan saya, blog ini sempat tidak saya "update".

    Kualifikasi biasanya diberikan berdasarkan kemampuan usaha yang bapak miliki, sedangkan bila yang dimaksud adalah klasifikasi bidang usaha, hal ini tergantung pada minat bapak akan berusaha di bidang yang tentunya sangat didukung oleh latar belakang bapak.

    Berkaitan dengan minat, saya rasa bidang usaha berkaitan dengan jasa pemeliharaan dan perawatan perangkat komputer cukup besar pangsa pasarnya mengingat saat ini tidak ada bisnis maupun kegiatan pemerintah yang tidak bersentuhan dengan teknologi ini.

    Bidang inipun juga tidak memerlukan modal awal yang besar, tetapi pengalaman dan minat yang besar yang justru sangat penting.

    Ijin usaha yang dikeluarkan oleh Dinas Perdagangan di Kabupaten/Kota secara undang-undang berlaku di seluruh Indonesia.

    Untuk mendapatkan pekerjaan di instansi pemerintah, peraturan yang saat ini berlaku adalah Keppres 80 tahun 2003.

    Selamat memulai usaha, jangan segan untuk membaca iklan pengumuman lelang di surat kabar atau di website lpse.baliprov.go.id atau lpse yang lain.

    Salam Ikak.

    BalasHapus
  3. Bapak Iskak, saya dari Bali
    Saya ingin menanyakan beberapa hal terlkait pengadaan
    1. Apakah salah bila harga penawaran lebih tinggi dari harga perkiraan sendiri (HPS) tetapi harga penawaran tersebutlebih rendah dari pagu anggaran. Maksud saya bila ada pemeriksaan dari inspektorat atau mungkin BPK apakah saya harus mengembalikan dana tersebut.
    2. Terkait dengan kontrak lumsump janis pengadaan apa saja yang bisa dilaksanakan dengan kontrak lumsump. Umpamanya saya memenangkan sebuah tender yang jumlah barangnya sudah pasti dan harganya juga sudah pasti.
    3. Mengenai koreksi aritmatik apakah dalam pelelangan dengan kontrak lumsump diperlukan koreksi aritmatik. Bagaimana bila nanti dalam koreklsi aritmatik tersebut terjadi harga satuan yang timpang

    BalasHapus
  4. Bapak di Bali, secara aturan di Keppres 80/2003, penawaran yang lebih tinggi dari HPS namun masih lebih rendah dari pagu tidak menyebabkan penawaran dapat digugurkan. Bisa saja pada saat penyusunan HPS, harga ke depan tidak dapat diperkirakan dengan tepat sekali. Atau penawaran yang masuk tidak termasuk perusahaan yang menjadi obyek survey harga untuk menyusun HPS. Dalam proses lelang, hal ini umum terjadi. Berbeda bila prosesnya tidak lelang, maka akan menjadi pertanyaan mengapa tidak menunjuk saja perusahaan yang memiliki harga sesuai HPS. Bila proses lelang, harga yang melampaui HPS tidak salah, sehingga tidak dapat dikatakan terdapat kerugian.

    Kontrak lumpsum pada umumnya digunankan untuk pekerjaan yang volumenya dapat dipastikan atau dianggap pasti dengan catatan apabila ada perbedaan dengan BQ awal, hal ini menjadi tanggungjawab kontraktor.

    Dalam jenis kontrak lumpsum, pada saat evaluasi penawaran, koreksi aritmatik tidak dilakukan. Kembali lagi, harga satuan timpang tidak dikenal dalam kontrak lumpsum.

    Mohon maaf bila saya terlambat merespon. Untuk komunikasi lebih cepat dapat e-mail ke ikak@lkpp.go.id

    BalasHapus
  5. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  6. Halo,
    Nama saya Wulan Sari saya dari Jataka dalam bahasa Indonesia. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Nyonya Loana George yang Membantu Saya saat saya menjadi korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar Rp17.000.000. Karena saya butuh modal besar Rp45.000.000. Aku hampir mati, aku tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur dan dalam prosesnya saya hampir kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi. Pada bulan Mei 2017, seorang teman mengenalkan saya pada pemberi pinjaman yang baik, Nyonya Loana George, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman dari perusahaan yang baik, dan dia mengenalkan saya kepada CEO JAMINAN TRUST LOAN, dan saya mengajukan permohonan sebesar Rp52.000.000, saya pikir itu Sebuah lelucon atau penipuan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya untuk 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan kepada seseorang di Jataka di Indonesia, jadi saya saran semua pengikut saya di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Loana George melalui email: loanageorge11@gmail.com dan saya dapat meyakinkan Anda bahwa Anda akan Mendapatkan pinjaman tanpa penalti menyesalkannya, karena begitulah saya mendapat pinjaman dari Loana George dia orang yang dapat dipercaya, Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: sariwulan3600@gmail.com

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    Salam,

    Ibu Wulan Sari

    BalasHapus
  7. Apakah Anda mencari pinjaman? Anda adalah tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! JAMINAN KEAMANAN JAMINAN memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Kepada semua staf atau orang, silakan hubungi kami untuk mendapatkan bantuan keuangan segera atau bertiga, kami bangga dengan komitmen kami terhadap pelanggan kami; Diakui, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, pinjaman usaha / investasi, pinjaman jangka pendek untuk mulai berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Anda benar-benar membutuhkan pinjaman darurat untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah kamu berhutang Inilah kesempatan anda untuk mencapai keinginan anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha dan corporate dan segala jenis pinjaman, silahkan hubungi kami melalui e-mail via
    (loanageorge@gmail.com)

     DATA APLIKASI
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    12) Durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelumnya:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    BalasHapus